Breaking News
Home / Berita Kecamatan / Tiap Kelurahan di Kecamatan Bukit Intan akan Memiliki Tiga Inovasi Pelayanan

Tiap Kelurahan di Kecamatan Bukit Intan akan Memiliki Tiga Inovasi Pelayanan

PANGKALPINANG – Camat Bukit Intan Efran mengatakan dalam waktu dekat pihak kecamatan segera melaunching 24 jenis inovasi. Inovasi yang dilakukan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Pihaknya sedang mempersiapkan aspek administratif, teknis dan mematangkan persiapan soft launching sosialisasi pada masyarakat.

“Tim yang saya bentuk sedang mempersiapkan segala sesuatunya. Kelompok sasaran inovasi ini kan luas. Banyak aspek yang harus kita sentuh. Terlebih tuntutan masyarakat semakin dinamis, kita perlu mengubah paradigma dan menata kembali konsep yang sudah ada. Prioritas kita pelayanan di kecamatan dan kelurahan kepada masyarakat,” ujar Efran, Minggu (14/7/2019).

Ia menuturkan variasi dan inovasi tersebut beragam. Saat ini tengah melakukan pemetaan terhadap kondisi permasalahan pelayanan yang ada. Baik itu pelayanan administrasi kependudukan yang ada di kelurahan, pemberdayaan masyarakat dan kelompok, pelibatan seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan hingga hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan kualitas kinerja pelayanan di kelurahan dan kecamatan.

Pihaknya berkomitmen setiap unit/kelurahan harus punya minimal 3 (tiga) inovasi yang menyentuh seluruh fungsi yang ada. Dia mencontohkan, pada kecamatan misalnya, memiliki Si Pelanduk (Sistem Pelayanan Langsung Kepada Penduduk), Simpanan Tuan (Sistem Perencanaan Untuk Perempuan), dan Si Mansa (Sistem Manajemen Daftar Hadir). Tiga inovasi ini menyentuh aspek yang berbeda.

Si Pelanduk merupakan perpanjangan fungsi paten Kecamatan. Si Pelanduk lebih menyentuh pelayanan administrasi yang berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan). Sapat diakses secara online melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui melalui smartphone pada aplikasi store.

Efran menyebut, inovasi berbasis aplikasi yang akan diluncurkan terlebih dahulu melalui assesment dari Dinas Kominfo. Seperti aplikasi Si Pelanduk, pihaknya akan meminta koordinasi secara lintas sektoral konsultasi terkait NIK ke Disdukcapik. Selanjutnya akan berkoordinasi ke Dirjen Adminduk untuk minta izin memanfaatkan NIK warga Bukit Intan.

“Tinggal nanti ke Diskominfo kalau semua sudah rampung, Insyallah yang kami lakukan ini bermanfaat bagi Pangkalpinang khususnya masyarakat Bukit Intan dan semoga juga menjadi berkah dan ibadah bagi kami,” ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya akan segera melaporkan persiapan rilis inovasi tersebut ke wali kota. Efran menyebut, mewujudkan kota beribu senyuman, dengan memunculkan berbagai inovasi pelayanan kepada masyarakat. Dia juga akan melaporkan secara administratif kepada DPRD.

Efran menegaskan petugas kecamatan maupun kelurahan berkomitmen melakukan inovasi pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tujuh lurah dibawah Kecamatan Bukit intan pun akan menandatangani pakta integritas mengenai pelaksanaan inovasi tersebut.

About Kecamatan Bukit Intan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*