Breaking News
Home / Berita Kecamatan / Maspelin dan Anjelin Jadi Inovasi Baru Andalan Kelurahan Temberan

Maspelin dan Anjelin Jadi Inovasi Baru Andalan Kelurahan Temberan

PANGKALPINANG — Menjadi utusan Bangka Belitung ditingkat nasional untuk lomba kelurahan terbaik, Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Pangkalpinang, cetuskan berbagai inovasi dan produk unggulan.

Berbagai inovasi yang diusungkan kelurahan ini sejak 2018 lalu diantaranya Maspelin (Masyarakat Peduli Lingkungan) dan Temberan Tersenyum. Kedua program unggulan ini dimasukkan dalam indikator inovasi untuk tim penilai regional I Sumatera.

Maspelin diadakan bersinergi dengan pihak puskesmas setempat untuk kepedulian kebersihan lingkungan, baik itu di rumah ataupun lingkungan umum. Sedangkan Temberan Tersenyum, sebuah program yang diprakarsai bersama karang taruna setempat.

Sasarannya yakni masyarakat kurang mampu yang sedang dalam keadaan sakit dan membutuhkan biaya sehingga pemuda karang taruna terlibat melakukan penggalangan dana untuk yang bersangkutan.

“Di tahun 2019 ini juga kami mengeluarkan inovasi Anjeli (Antar Jemput Akte Kelahiran dan Kematian). Kami meminta RT-nya dengan sistem jemput bola, mereka siapkan dokumen dan kami akan proses. Nanti kami yang akan koordinasi dengan dinas Dukcapil,” jelas Iswansyah, Selasa (23/7/2019).

Selain berbagai inovasi, Kelurahan Temberan juga memiliki produk unggulan yang sudah terkenal hingga dikirim ke luar Bangka dan luar negeri. UMKM Zulaika yang memproduksi kue lapis susu menjadi produk unggulan untuk mendukung indikator tercapainya kelurahan terbaik ditingkat nasional.

Iswansyah merasa optimis, dengan jerih payah pihak kelurahan yang dibantu berbagai pihak, pemerintah dan stakeholder lainnya dapat memberikan hasil terbaik untuk mewakili regional I Sumatera berlaga pada tingkat nasional.
(Bangkapos.com /Ira Kurniati)

About Kecamatan Bukit Intan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*